RSS

Sistem Operasi untuk Handphone

07 Mar

Sistem Operasi untuk Tablet PC

Terdapat empat sistem operasi pada tablet PC diantaranya adalah:

Android OS

Sistem operasi yang sedang naik daun ini adalah yang paling banyak dipilih oleh produsen tablet PC saat ini. Kelebihan sistem operasi ini adalah kostumisasi  Anda dapat sesuka hati mengatur user interface (UI) yang Anda inginkan, terutama pada menu home. Anda juga dapat menambahkan widget berupa informasi cuaca, agenda, task manager, indikator baterai, hingga shortcut untuk social media seperti Facebook. Tanpa kostumisasi pun, UI yang ada pada Android sudah terlihat menarik dan mudah digunakan. Untuk Anda yang memang hobi “mengutak-atik”, Anda dapat melakukan rooting untuk mendapatkan akses tak terbatas dalam hal kostumisasi. Beberapa hal yang dapat dilakukan setelah melakukan root antara lain menginstall aplikasi pada media storage hingga mengoverclock prosesor dan device yang digunakan.

Banyak pilihan aplikasi yang sangat beragam juga menjadi kelebihan Android. Bahkan sebagian besar aplikasi tersebut dapat didownload secara cuma-cuma.

 

iOS

Sama seperti Android, iOS banyak digemari karena  UI yang dimilikinya, iOS terakhir (iOS4) bahkan sudah dapat dikostumisasi walaupun tidak sekompleks Android. Device tablet yang menggunakan iOS hanya iPad dan iPad 2 karena sistem operasi ini merupakan OS yang “ekslusif”. Hal ini berdampak positif pada performa yang sangat optimal ketika digunakan. Saat menjelajahi menu didalamnya digunakan. Saat menjelajahi menu didalamnya, pergeseran antar menu terasa sangat smooth tanpa adanya lag.

Apple menyediakan market bagi para pengguna iPad yang bernama App Store yang berisi bermacam aplikasi. Selain aplikasi yang masuk dalam karegori media, utility, dan entertainment, iOS juga memiliki ratusan game yang memiliki kualitas grafis yang menawan. Hal ini menjadi kelebihan dan keunggulan dari tablet besutan Apple ini.

Blackberry Tablet OS

Penampilannya sekilas mirip dengan Blackberry OS pada smartphone. Perbedaannya ada pada user interface-nya. Blackberry Tablet OS mengandalkan sistem sentuh sepenuhnya untuk menjelajah menu di dalamnya. Sayangnya, jumlah aplikasi maupun game pada OS ini masih sangat terbatas, tidak seperti yang ada pada Blackberry OS versi smartphone. OS ini juga belum mendukung built-in Blackberry Messenger yang selama ini justru menjadi andalannya.

Windows 7

Tampilan dan user interface yang ada pada windows 7 versi tablet sangat mirip dengan versi dekstopnya. Begitupun dengan beragam aplikasi yang diperuntukkan bagi sistem operasi ini, merupakan aplikasi yang sama dengan versi desktop. Untuk dapat mengoperasikan OS ini, tablet berbasis Windows 7 harus memiliki perangkat hardware kelas tinggi.

 

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 7, 2012 in Software

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: